Mobile Menu

navigasi

More News

Lewat BUMDes, Jokowi Pacu Usaha-Usaha Baru Masyarakat

11:44 PM

Lewat BUMDes, Jokowi Pacu Usaha-Usaha Baru Masyarakat


Peluang.co.idPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes harus memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat utamanya di desa. Hal ini seiring dengan naiknya kuantitas BUMDes yang sebelumnya berjumlah 810 unit di tahun 2014 meningkat menjadi 57.200 BUM Desa. 


Hal ini disampaikan Jokowi dalam Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUMDes dan Peresmian Pembukaan Rakornas BUM Desa, Senin (20/12/2021) pagi, di Ballroom Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta.


“Jangan hanya dapat sertifikat badan hukum kemudian buat plang ‘BUMDesa Desa Sukamakmur’ misalnya, hanya itu saja tapi kegiatan di dalamnya enggak ada, kegiatan kualitas kegiatannya tidak jelas. Ini yang ingin kita semuanya  bekerja betul-betul memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat kita,” tegas Jokowi dilansir dari Sekretariat Kabinet.


Adanya BUM Desa dan BUM Desa Bersama harus memicu pembentukan usaha baru yang dibutuhkan oleh masyarakat bukan justru mematikan usaha rakyat yang telah ada.


“Men-trigger, memacu agar ada usaha-usaha baru di masyarakat yang belum ada tetapi dibutuhkan sehingga masyarakat tidak harus ke kota kecamatan, masyarakat di desa tidak harus ke kota kabupaten, cukup di desa itu sudah terpenuhi,” lanjutnya.


Jokowi pun meminta kepada para pelaku usaha swasta maupun BUMN baik perkebunan, pertambangan, dan lain-lain yang ada di daerah dan di desa untuk melibatkan BUMDes dalam kegiatan-kegiatannya.


“Jangan yang di desanya hanya jadi penonton yang lalu-lalang, truk lalu-lalang. Hasil-hasil perkebunan yang gede-gede rakyat hanya menonton, melihat. Melihat tambang diambil keluar dari daerah, keluar dari desa, rakyat hanya menonton saja, libatkan,” tegasnya.



( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : bumdes kemendesa 2021, portal bumdes, registrasi bumdes kemendes, login bumdes


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment