Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR Minta Pemerintah Kurangi Impor Bawang Putih

8:17 PM

Anggota DPR Minta Pemerintah Kurangi Impor Bawang Putih


Peluang.co.idAnggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin meminta pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) agar untuk dapat mengurangi importasi bawang putih yang mencapai 507 ribu ton per tahun. 


Adapun besaran angka importasi bawang putih pada outlook bawang putih tahun 2020 menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara importir bawang putih terbesar di dunia.


"Saya sangat menyayangkan belum ada perubahan situasi importasi bawang putih dalam negeri dimana tiap tahun kita tinggi sekali angka impornya dari China. 99 persen kita yang ambil, sisanya dari  India, Taiwan, Amerika Serikat, dan Mesir yang angkanya hanya ratusan hingga maksimal 2 ribu ton," ungkap Akmal dilansir dari situs DPR RI, Senin (20/12/2021). 


Akmal sangat menyayangkan, bahwa sejak enam tahun lalu, China sebagai produsen dan eksportir bawang putih terbesar di dunia, secara konsisten mengirimkan bawang putih ke Indonesia dalam jumlah yang sangat besar. 


Pada 2017 sebesar 550 ribu ton, 2018 sebesar 585 ribu ton, dan 2019 sebesar 472 ribu ton. Bahkan yang terjadi selama ini, besarnya impor bawang putih menyebabkan komoditas ini selalu mengalami defisit neraca perdagangan dari 1996.


"Saya minta secara khusus kepada pemerintah melalui Kementerian Pertanian, setidaknya ada upaya mengurangi besaran importasi bawang putih di negara kita. Kegiatan dan program kementan di Dirjen Horti mesti ada succes story-nya untuk menekan angka importasi bawang putih," pungkasnya.



( Gambar : Hello Sehat / Penulis : Fitri )



Tags : impor bawang putih 2020, kuota impor bawang putih 2021, importir bawang putih jakarta, impor bawang merah 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment