Mobile Menu

navigasi

More News

Kemendag Dorong Kerjasama Pengelola SRG dan Pengusaha Ritel

12:05 AM

Kemendag Dorong Kerjasama Pengelola SRG dan Pengusaha Ritel


Peluang.co.idWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) secara nasional dalam sepuluh tahun terakhir.


Hal ini disampaikan oleh Jerry dalam “Forum Bisnis Temu Pembeli-Penjual: Pengelola SRG dan Pengusaha Ritel” yang digelar pada 22 Desember 2021. Acara tersebut merupakan hasil kerja sama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).


"Dalam forum bisnis ini, diharapkan pelaku usaha dapat mengenal lebih dalam atas produk yang dihasilkan pengelola gudang SRG dan sekaligus memberikan pemahaman kepada pengelola gudang SRG mengenai mekanisme pemasaran melalui pasar ritel modern," ungkap Jerry dikutip dari situs Kemendag, Jumat (24/12/21).


Jerry menambahkan upaya Kemendag untuk mendorong pelaksanaan SRG antara lain dengan membangun infrastruktur gudang, memberikan alat sarana dan prasarana penambahan nilai komoditas yang disimpan di gudang SRG, dan sebagainya. Jerry juga menyampaikan apresiasi bagi pihak yang berperan aktif dalam mengembangkan SRG. 


"Kemendag mengapresiasi pihak yang membantu membuka akses pasar bagi produk yang dihasilkan pengelola gudang SRG melalui pasar ritel modern," imbuhnya.


SRG di Indonesia merupakan program prioritas nasional yang telah dibangun sejak 2006. Dengan SRG, komoditas pemilik barang dapat digunakan sebagai agunan yang akan memperoleh pembiayaan tanpa perlu adanya agunan lain. 


Komoditas tersebut juga dapat menjadi akses pembiayaan yang dapat digunakan pelaku usaha komoditas mulai dari hulu hingga hilir. Pembiayaan yang diberikan tentunya dapat membantu likuiditas pemilik barang, baik untuk memperoleh harga yang lebih baik maupun untuk meningkatkan skala usahanya.



( Gambar : Kemendag / Penulis : Fitri )



Tags : srg singkatan dari, srg gateway dimana, srg daerah mana, sistem srg


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment