Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Banggar DPR Apresiasi Peningkatan Pendapatan Negara

Banggar DPR Apresiasi Peningkatan Pendapatan Negara Peluang.co.id -  Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menyampaikan apre...

Banggar DPR Apresiasi Peningkatan Pendapatan Negara


Peluang.co.idKetua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah atas pencapaian pendapatan negara yang terus meningkat di tengah kondisi ekonomi global yang masih tidak menentu akibat pandemi Covid-19.


Hingga bulan November 2021 atau kurang sebulan tutup buku, pendapatan negara telah mencapai Rp1.6 triliun atau 97,5 persen dari target pendapatan negara pada APBN 2021 sebesar Rp1.743,6 triliun.


“Banggar DPR RI  terus memberikan dukungan kepada pemerintah, khususnya kepada Menteri Keuangan (Menkeu) yang secara disiplin mengawal dan mengelola APBN kita," ungkap Said dikutip dari Parlementaria, Jumat (24/12/2021). 


Said menilai kedisiplinan diperlukan agar APBN tidak keluar jalur, sehingga fiskal tetap terkendali dan prudent. Namun, ia tetap berharap ada transformasi kebijakan yang terus dijalankan. Sebab masih terdapat kelemahan-kelemahan fundamental dalam postur pendapatan negara.


Penopang utama pendapatan negara dari Januari-November 2021 adalah naiknya beberapa harga komoditas seperti PPh Migas yang naik hingga 57,7 persen dari tahun lalu, termasuk sumbangannya ke PPN yang juga naik 19,8 persen secara tahunan. 


Sektor lain yang selalu menjadi langganan penopang pendapatan negara adalah penerimaan bea dan cukai. Target penerimaan bea dan cukai pada APBN 2021 sebesar Rp214,96 triliun. Hingga November 2021, realisasi penerimaan bea dan cukai mencapai Rp232,25 triliun naik 26,58 persen dari November tahun lalu.


“Kenaikan di sisi kepabeanan karena mulai bangkitnya kegiatan ekspor dan impor, terutama ekspor komoditas, dan sektor cukai industri hasil tembakau," pungkasnya.



( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : sumber pendapatan negara, pendapatan negara 2020, pendapatan negara indonesia, pendapatan negara 2021


ADS