Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ida Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi Pekerja Migran dan Keluarganya

Ida Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi Pekerja Migran dan Keluarganya Peluang.co.id -  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan ...

Ida Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi Pekerja Migran dan Keluarganya


Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen dalam melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) beserta keluarganya. Komitmen ini untuk mewujudkan terjaminnya pemenuhan hak dalam keseluruhan kegiatan, baik sebelum bekerja, selama bekerja, hingga setelah bekerja.


Hal ini disampaikan oleh Ida pada acara Do'a Bersama Tutup Tahun 2021 yang bertajuk "Menjalin Silaturahmi, Memperkuat Sinergi Antar WNI di Taiwan" secara virtual yang dilaksanakan pada 26 Desember 2021.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan perlindungan PMI adalah dengan mengubah paradigma yaitu menjadikan PMI sebagai subjek.


"Paradigma baru diperlukan dalam perlindungan PMI yang memposisikan pekerja migran sebagai subjek dan bukan lagi objek," ujar Ida dikutip dari situs Kemnaker, Senin (27/12/21).


Ida menjelaskan PMI merupakan tenaga kerja yang profesional dan kompeten sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia


Sehingga pemerintah berharap ke depannya tidak ada lagi PMI yang bekerja tanpa memiliki kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang diduduki. Hal itu guna mengurangi kerentanan terhadap berbagai pelanggaran hak PMI, seperti gaji tidak dibayar, PHK, dan kasus hukum lainnya. 


"CPMI yang bekerja ke luar negeri berasal dari kalangan profesional yang mempunyai high skill, sehingga dapat meminimalisir adanya permasalahan ketika bekerja ke luar negeri," pungkasnya.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : contoh pekerja migran indonesiaperbedaan pekerja migran dan tkipekerja migran indonesia pdfarti migran indonesia


Reponsive Ads