Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Miliki Potensi Besar, Pengembangan Industri Pengolahan Buah Dioptimalkan

Miliki Potensi Besar, Pengembangan Industri Pengolahan Buah Dioptimalkan Peluang.co.id -  Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perin...

Miliki Potensi Besar, Pengembangan Industri Pengolahan Buah Dioptimalkan


Peluang.co.idDirektur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika menyampaikan pihaknya terus mendorong pengembangan industri pengolahan buah, termasuk untuk menghasilkan produk minuman. 


“Kebijakan hilirisasi yang telah dicanangkan Kemenperin, bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan memperkuat struktur industri, menumbuhkan populasi industri, serta menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha,” kata Putu dilansir dari situs Kemenperin, Senin (27/12/21).


Indonesia merupakan salah satu negara produsen buah segar terbesar di dunia dengan produksi mencapai 24,9 juta ton per tahun. Berdasarkan data world fruit map, Indonesia menempati posisi ke-8 di dunia.


Saat ini di Indonesia terdapat enam industri pengolahan buah antara skala kecil dan menengah, dengan total kapasitas produksi sebasar 5.500 ton per tahun. Sementara di sektor hilirnya terdapat 41 perusahaan dengan total kapasitas produksi mencapai 430.000 ton per tahun, yang telah memberikan kontribusi terhadap devisa melalui total nilai ekspornya sebesar USD 280 juta.


“Kami sedang fokus untuk menekan impor produk antara, dengan turut memacu kualitas buah segar lokal dan meningkatkan produktivitas sektor hulu serta mendorong peningkatan kapasitas industri antara,” jelansya.


Langkah strategis yang perlu dijalankan untuk meningkatkan kinerja industri pengolahan buah diantaranya mengelola kestabilan produktivitas dan pasokan bahan baku yang berkualitas, tersedianya infrastruktur daerah penghasil hortikultura agar biaya logistik lebih efisien, serta dibutuhkan infrastruktur pasca-panen.


“Kami juga mendorong industri pengolahan buah dapat mengadopsi teknologi digital dalam proses produksinya sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan daya saingnya,” tandasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : industri minuman ringan, industri minuman bersoda, data penjualan minuman bersoda di indonesia, home industri minuman kemasan


Reponsive Ads