Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Harga Telur Ayam Terus Melonjak, Ini Kata Kemendag

Harga Telur Ayam Terus Melonjak, Ini Kata Kemendag Peluang.co.id -  Jelang pergantian tahun, sejumlah kebutuhan bahan pokok di berbagai wi...

Harga Telur Ayam Terus Melonjak, Ini Kata Kemendag


Peluang.co.idJelang pergantian tahun, sejumlah kebutuhan bahan pokok di berbagai wilayah di Indonesia mengalami kenaikan. Salah satu komoditas yang mengalami kenaikan cukup signifikan yaitu telur ayam.


Sebelumnya harga 1 kilogram telur ayam biasanya berkisar Rp 22.000-Rp 26.000. Namun kini harga telur ayam melonjak hingga Rp 38.000 per kilogram di sejumlah wilayah di Indonesia.


Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan menjelaskan bahwa kenaikan harga telur bukan karena spekulan pasar. Kenaikan ini disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat.


"Telur ayam posisinya saat ini tidak ada spekulan, murni karena mekanisme pasar dimana suplai tidak penuhi demand (permintaan). Demand tinggi akibat pemerintah lakukan longgaran PPKM," jelas Oke dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (28/12/21).


Oke menilai pemerintah yang melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyebabkan permintaan telur tinggi sehingga harganya ikut naik. 


"Jadi hotel, restoran, dan katering (harganya) disesuaikan dengan PPKM membuka kegiatan dan meningkatkan kebutuhan akan telur," imbuhnya.


Harga telur ayam pada saat PPKM Darurat pernah menyentuh Rp 14.000 per kilogram, sehingga membuat harga terkontraksi hingga 4 bulan. Maka, ketika PPKM dilonggarkan permintaan mendadak tinggi dan harga telur pun melambung tinggi.



( Gambar : Kementerian Pertanian / Penulis : Fitri )



Tags : harga telur 2021 hari ini, harga telur 1 kg hari ini, harga telur hari ini jakarta, prediksi harga telur besok


ADS