Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR: Menjamurnya Pinjol Ilegal Karena Lemahnya Pengawasan OJK

7:00 PM

Anggota DPR: Menjamurnya Pinjol Ilegal Karena Lemahnya Pengawasan OJK


Peluang.co.idAnggota Komisi XI DPR RI Vera Febyanthy mengatakan salah satu faktor penyebab menjamurnya kasus pinjaman online (pinjol) ilegal yaitu lemahnya fungsi pengawasan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


OJK harus mampu menunjukkan kepada publik sebagai lembaga terpercaya,” jelas Vera dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Jumat (3/12/2021). 


Vera juga meminta kepada OJK untuk melindungi konsumen dan menjaga nama baik industri keuangan non-bank. Seperti yang banyak diberitakan, sering terjadi masalah dalam penyelenggaraan fintech peer-to-peer lending atau fintech (financial technology). 


Adapun yang sering membuat kerugian di masyarakat adalah fintech pinjol ilegal. Pinjol ilegal juga sering memberikan penawaran menggiurkan kepada calon konsumen. Tetapi, ketika konsumen atau masyarakat peminjam dana tersebut telat melakukan pembayaran, maka dilakukan ancaman.


Pinjol ilegal itu yang tidak ada aturan main, seperti suku bunga dasar kredit. Ancaman dengan segala macam menakut-nakuti. Bahkan itu yang legal," tegasnya. 


Lebih lanjut, Vera menyebut faktor pendorong maraknya pinjol ilegal, dilihat dari sisi pelaku pinjol ilegal biasanya mereka memberikan kemudahan mengunggah aplikasi atau situs. Kemudian, sulit diberantas karena lokasi peladen (server) banyak ditempatkan di luar negeri.



( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : pinjol terbaikdaftar pinjol ilegal terbarudaftar pinjolpinjol resmi


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment