Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Transformasi Digitalisasi, Kemenperin Bangun PIDI 4.0

Transformasi Digitalisasi, Kemenperin Bangun PIDI 4.0 Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong akselerasi penerapa...

Transformasi Digitalisasi, Kemenperin Bangun PIDI 4.0


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong akselerasi penerapan industri 4.0 yang bertujuan mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan memacu daya saing di kancah global dengan membangun Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).


“Sebagai wujud nyata mewujudkan penerapan Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian menginisiasi pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari situs Kemenperin, Selasa (30/11).


PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia. Saat ini, PIDI 4.0 dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin. 


PIDI 4.0 memiliki lima pilar atau layanan utama. Pertama, sebagai Showcase Center. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau pelaku industri tentang pentingnya industri 4.0 dan menyajikan pengalaman nyata di sektor manufaktur dalam penerapan digitalisasi pada lini produksinya. 


Kedua, menjadi Capability Center, yakni pusat pelatihan untuk meningkatkan keahlian kepada para tenaga kerja industri dan aparatur sipil negara (ASN) terkait implementasi industri 4.0. Ketiga, sebagai Ecosystem for Industry 4.0 atau tempat kolaborasi pengembangan implementasi industri 4.0


Keempat, Delivery Center, tempat pendampingan industri dalam bertransformasi menuju industri 4.0. Kelima, Engineering and AI Center yang membantu permasalahan industri dengan teknologi rekayasa dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).


Gedung PIDI 4.0 ini berlokasi di Permata Hijau, Jakarta Selatan, Gedung PIDI 4.0 berdiri di atas lahan seluas 12.957 m2 dengan luas bangunan 17.600 m2. Rencananya, peluncuran PIDI 4.0 dilakukan pada Jumat, 3 Desember 2021.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : sdm kemenperin, siva kemenperin, pusat inovasi digital indonesia, vokasi kemenperin


Reponsive Ads