Mobile Menu

navigasi

More News

Serikat Pekerja Minta Kemnaker Kembangkan Program Pelatihan Pekerja

8:00 PM

Serikat Pekerja Minta Kemnaker Kembangkan Program Pelatihan Pekerja


Peluang.co.idKalangan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) mengusulkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) mengembangan program pelatihan bagi pekerja untuk meningkatkan skill dalam upaya menghadapi tantangan perubahan industri. 


Advokasi Tenaga Kerja APINDO Gustaf Evert berharap BLK lebih akan maju dan pemerintah dapat menyiapkan anggaran yang memadai agar BLK difungsikan untuk mengembangkan pelatihan bagi pekerja yang terdampak PHK, agar dilatih dan mandiri menciptakan lapangan kerja sendiri. 


"Peranan pemerintah melalui pengembangan pelatihan sangat diharapkan sekali untuk memberdayakan pekerja ter-PHK agar mampu mandiri," kata Gustaf dilansir dari situs Kemnaker, Rabu (10/11/21).


Plt. Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung Haryono mengatakan program pelatihan ini sebenarnya diprioritaskan untuk pencari kerja. Namun tak tertutup kemungkinan, bagi pekerja memiliki hak untuk memperoleh pelatihan di BLK melalui kerja sama (MoU) program up-skill. 


"BBPLK Bandung siap mendukung program atau rencana dari SP/SP untuk mengembangkan pelatihan melalui program upskilling," ujarnya. 


Secara terpisah, Kepala BLK Lembang Tuti Haryanti menjelaskan BLK Lembang berfokus pada pelatihan di sektor pertanian dengan sub kejuruan pertanian, perikanan, peternakan, mekanisasi pertanian, dan pengolahan hasil pertanian. Lulusan pelatihan BLK Lembang diarahkan menjadi wirausaha di sektor pertanian. 


"BLK Lembang siap mendukung program peningkatan kualitas dan kompetensi pekerja melalui pelatihan sehingga siap untuk berwirausaha di sektor pertanian," tutur Tuti.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : daftar penerima blk komunitas 2021insentif blk komunitasjuknis blk komunitas, blk komunitas pesantren 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment