Mobile Menu

navigasi

More News

KKP Targetkan Peningkatan Pendapatan Nelayan Tradisional

1:15 AM

KKP Targetkan Peningkatan Pendapatan Nelayan Tradisional


Peluang.co.idMenteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak nelayan tradisional ikut berpartisipasi mengoptimalkan potensi perikanan budidaya di Indonesia. Ia meyakini kegiatan budidaya dapat mendorong peningkatan pendapatan para nelayan, karena tingginya permintaan terhadap produk perikanan di pasar dunia.


Hal ini ia sampaikan ketika mengisi diskusi publik secara daring yang digelar Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) bertajuk "Masa Depan Perikanan Budidaya di Indonesia", Selasa (9/11/2021).


"Besarnya pasar perikanan dunia begitu luar biasa, sekitar USD 160 miliar. Namun di pasar internasional itu tidak semua, hanya komoditas yang spesifik. (Penyediaan) komoditas ini hanya bisa dilakukan melalui budidaya,” jelas Trenggono dilansir dari situs KKP.


Saat ini Indonesia baru mengisi 3,5 persen atau USD 5,2 miliar dari kebutuhan pasar dunia terhadap produk-produk perikanan. Padahal potensi lahan perikanan budidaya begitu luas mencapai 17,9 juta hektare yang terdiri dari budidaya laut, budidaya air payau di pesisir, dan budidaya air tawar di daratan (pedalaman).


KKP memiliki dua program terobosan untuk meningkatkan produktivitas perikanan budidaya di Indonesia. Meliputi peningkatan produksi komoditas berorientasi ekspor, yakni udang, lobster, kepiting, dan rumput laut, serta membangun kampung-kampung budidaya berbasis kearifan lokal.


Sementara untuk kegiatan budidaya berorientasi ekspor khususnya komoditas udang, KKP sudah memiliki langkah strategis yaitu melalui evaluasi tambak eksisting, revitalisasi tambak tradisional sehingga produksinya naik dari 0,6 ton per hektare menjadi 2 ton per hektare, serta membangun modelling tambak udang modern yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.


“Agar bisa berhasil, maka harus memenuhi syarat tambak yang sehat, yaitu air yang bersih, memiliki instalasi IPAL, memiliki instalasi tandon yang baik,” pungkasnya.



( Gambar : KKP / Penulis : Fitri )



Tags : penghasilan nelayan tradisional, hasil yang didapat nelayan, rumus pendapatan, pengertian nelayan


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment