Mobile Menu

navigasi

More News

RCID Jadi Momentum Percepat Transformasi Industri 4.0

5:56 PM

RCID Jadi Momentum Percepat Transformasi Industri 4.0


Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pelaksanaan Regional Conference on Industrial Development (RCID) ke-2 digelar di Jakarta pada 10-11 November 2021. 


Ini menjadi forum bagi negara-negara di Kawasan Asia Pasifik untuk saling bertukar pandangan, kebijakan, pengetahuan, dan gagasan dalam pembangunan industri, khususnya mengenai transformasi digital. 


“Transformasi industri 4.0 dan transisi energi menuju green industry untuk menjamin pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Agus dilansir dari situs Kemenperin, Kamis (11/11/21).


Agus menyampaikan gelaran RCID ke-2 ini juga sebagai wujud nyata kesadaran kolektif bahwa dunia harus menyiapkan diri terhadap transformasi digital. 


“Masing-masing negara punya modal dan tantangan sendiri dalam kesiapan menerapkan industri 4.0. Indonesia dinilai termasuk salah satu negara yang relatif lebih cepat dalam menerapkan industri 4.0. Ini yang harus kita share,” tuturnya.


Meski demikian, Agus menyebut bahwa Indonesia masih terus belajar dari negara-negara lain yang sudah maju dalam mengadopsi teknologi digital, khususnya di sektor industri. 


“Indonesia masih perlu melihat best practices dari negara yang sudah lebih siap menerapkan teknologi industri 4.0,” katanya.


Msnurutnya, RCID ke-2 ini akan menjadi tonggak penting menuju persiapan pertemuan Trade Investment and Working Group (TIIWG) G20 yang akan berlangsung pada tahun 2022. RCID ke-2 dikemas sebagai forum pendahuluan untuk membahas dan mendapatkan input kawasan terhadap isu-isu prioritas di sektor industri yang akan diusung pada pertemuan TIIWG dalam Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : g20lake buena vistatroika adalah

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment