Mobile Menu

navigasi

More News

Pemulihan Pariwisata Bali Dorong Ekonomi dan Penerimaan Perpajakan

11:02 PM


Pemulihan Pariwisata Bali Dorong Ekonomi dan Penerimaan Perpajakan


Peluang.co.idWakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan pemulihan pariwisata menjadi kunci kemajuan ekonomi dan peningkatan penerimaan sektor perpajakan di Bali. 


Cucun meminta pemerintah daerah setempat kerja keras kembalikan Bali sebagai tujuan utama pariwisata internasional yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19.


"Kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian Bali paling tinggi, sehingga pulihnya sektor pariwisata akan menjadi stimulus bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penerimaan sektor perpajakan, khususnya pajak hotel dan restoran,” kata Cucun dilansir dari situs DPR, Jumat (26/11/2021).


Cucun optimis bahwa pada akhir tahun perekonomian Bali akan segera pulih, bahkan semakin meningkat pada tahun 2022. Ia berharap, Covid-19 bisa menjadi momentum bagi Bali untuk mulai mempersiapkan sektor-sektor lain selain pariwisata, seperti agro industri, ekonomi kreatif, pertanian, industri pengolahan dan industri yang berbasis UMKM lainnya. 


“Saat ini sektor pariwisata di Bali masih belum pulih sepenuhnya masih banyak yang tutup dan belum buka kembali. Tentu ini akan berdampak pada penerimaan pajak tahunan sebaiknya harus segera dicari alternatif jangan hanya bergantung pada sektor pariwisata saja,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Cucun juga mengingatkan DJP Bali agar dapat menghitung secara cermat potensi penerimaan pajak berdasarkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang baru disahkan. 


Pertumbuhan ekonomi Bali sudah menunjukkan tren membaik, sebesar 2,88 persen pada Triwulan II-2021. Kebijakan PPKM Darurat pada bulan Juli-Agustus telah menyebabkan pertumbuhan ekonomi Triwulan III-2021 kembali negatif pada tingkat -2.91 persen. Banyaknya event internasional hingga akhir tahun 2021, membuat BI optimis pertumbuhan ekonomi Bali akan kembali positif hingga akhir tahun 2021.



( Gambar : Kemenparekraf / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi bali 2020, data perekonomian bali, pariwisata bali, ekonomi bali 2021



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment