Mobile Menu

navigasi

More News

Bupati Kendal: Sistem SIAP QRIS Permudah Pedagang Bertransaksi

7:50 PM

Bupati Kendal: Sistem SIAP QRIS Permudah Pedagang Bertransaksi


Peluang.co.idBupati Kendal Dico M Ganinduto menyambut baik adanya Program QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Pasar Pagi Kaliwungu yang belum lama ini di launching secara langsung oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah.


Program QRIS ini merupakan program dari Bank Indonesia untuk mempermudah para pedagang dalam bertransaksi melalui digital. Kemudian diwujudkan dengan berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan melalui Program Pasar dan Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (SIAP).


"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia, BNI dan semua pihak, sehingga Pasar Kaliwungu dapat dilaunching dengan menggunakan sistem SIAP QRIS, sehingga nantinya pembayaran transaksi jual beli tidak menggunakan uang tunai atau kartu, tetapi menggunakan aplikasi Barcode (QRIS) merupakan pembayaran yang berbentuk digital," ujar Dico dikutip dari situs resmi Pemkab Kendal, Jumat (26/11/21).


Dico juga berharap nantinya semua pasar di Kabupaten Kendal dapat menggunakan transaksi dengan sistem QRIS, karena nantinya mau tidak mau semuanya akan menggunakan sistem digital.


Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Pribadi Santoso juga mengatakan bahwa Pasar Pagi Kaliwungu ini merupakan proyek awal sebagai percontohan, dan diharapkan nantinya akan tercipta sistem pembayaran yang sehat dan aman saat bertransaksi bagi para pedagang.


"Program ini kami inisiasi juga bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan melibatkan perbankan, dan pada hari ini bank yang mendukung program di Kabupaten Kendal adalah bank BNI, namun di daerah lain bisa saja melalui bank lainnya, karena digitalisasi sudah menjadi tren saat ini agar tidak ketinggalan," tuturnya.


Program SIAP QRIS ini sudah dilaksanakan di puluhan pasar rakyat dan pusat perbelanjaan di 34 provinsi di Indonesia, termasuk Pasar Pagi Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.



( Gambar : Pemkab Kendal / Penulis : Fitri )



Tags : cara daftar qris, fungsi qris, qris merchant, qris bca


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment