Mobile Menu

navigasi

More News

Masih Pandemi, UMKM Go Digital Naik 2 Kali Lipat

11:10 PM

Masih Pandemi, UMKM Go Digital Naik 2 Kali Lipat


Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa selama pandemi berlangsung, pelaku usaha yang bertransformasi ke arah digital telah meningkat sebanyak 2 kali lipat. Sehingga totalnya sudah ada 16,4 juta UMKM go digital di Indonesia.


Hal ini disampaikan oleh Teten dalam acara Rakornas Transformasi Digital Koperasi dan UMKM yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat, 11 November 2021 malam.


"Hingga hari ini setidaknya 25,6% UMKM kita sudah hadir di ekosistem digital atau sekitar 16,4 juta pelaku usaha. Ini naik hampir dua kali lipat dari sebelum pandemi," ungkap Teten dikutip dari kanal Youtube Kemenkop UKM, Sabtu (13/11/21).


Teten juga mengatakan bahwa sudah ada 245 koperasi yang telah mengadopsi teknologi digital dalam kegiatan operasionalnya. Meski begitu, Teten menyebut tidak cukup hanya sekedar mengakselerasi hadirnya koperasi dan UMKM di platform digital. 


"Perlu ada pendekatan ekosistem mencakup proses bisnis dari hulu ke hilir atau end to end digital transformation dan pendampingan bagi koperasi dan UMKM Indonesia untuk mengoptimalkan sepenuhnya platform digital," lanjut Teten.


Dengan demikian, Kemenkop UKM menginisiasi konsolidasi adanya desain atau peta jalan untuk memudahkan dalam melakukan sinergi, kolaborasi dan kerjasama antar seluruh stakeholder dalam ekosistem koperasi UMKM.


"Karena itu menjadi penting kita menyepakati peta jalan bersama, strategi kita bersama. Supaya target kita di 2024, 30 juta UMKM dapat terhubung ke ekosistem digital bisa lebih berhasil," pungkasnya.



( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : daftar umkm go digitalmateri tentang umkm go digitalumkm go digital pdfumkm go digital 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment