Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

1.000 Peserta Ikut Bimbingan Penilaian Mandiri Penerapan Industri 4.0

1.000 Peserta Ikut Bimbingan Penilaian Mandiri Penerapan Industri 4.0 Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian bertekad untuk mempercepat...

1.000 Peserta Ikut Bimbingan Penilaian Mandiri Penerapan Industri 4.0


Peluang.co.idKementerian Perindustrian bertekad untuk mempercepat transformasi digital di sektor industri guna meningkatkan produktivitas dan daya saing. Langkah ini diyakini akan membawa dampak yang luas bagi perekonomian nasional mulai dari masuknya investasi hingga penambahan jumlah tenaga kerja baru. 


“Transformasi digital ini bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan nilai tambah sektor industri sehingga bisa lebih berdaya saing global,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari laman Kemenperin, Sabtu (13/11/21).


Untuk mengakselerasi penerapan industri 4.0 di Indonesia, Kemenperin telah menginisiasi alat acuan yang digunakan pemerintah dan industri untuk mengukur kesiapan sektor manufaktur bertransformasi menuju industri 4.0. Konsep penilaian ini dinamakan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).


“Sebagai bagian dari upaya tersebut, kami menyelenggarakan bimtek self-assessment INDI 4.0 sebagai langkah mempercepat transformasi industri 4.0 sesuai program prioritas peta jalan Making Indonesia 4.0,” tutur Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi.


Bimtek self-assessment INDI 4.0 yang dilaksanakan secara virtual, diikuti sebanyak 1.000 peserta yang berasal dari berbagai sektor industri dengan melibatkan tim BSKJI bersama tiga lembaga assessment INDI 4.0, yaitu Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), PT Surveyor Indonesia, dan PT Sucofindo. Pengisian assessment INDI 4.0 dilaksanakan melalui sistem informasi industri nasional (SIINas).


Pelaksanaan bimtek self-assessment INDI 4.0 sebagai upaya Kemenperin memberikan pemahaman kepada stakeholder dalam melakukan pengisian assessment INDI 4.0.


“Kami juga berikan contoh kasus implementasi industri 4.0 oleh para national lighthouse dan champion INDI 4.0 agar memudahkan para stakeholder mengetahui hasil-hasil implementasi industri 4.0 di lapangan,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : g20lake buena vistatroika adalah

Reponsive Ads