Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Dorong UMKM Naik Kelas, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Sertifikat PIRT

Dorong UMKM Naik Kelas, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Sertifikat PIRT Peluang.co.id -  Pemkab Banyuwangi terus memfasilitasi penerbitan sert...

Dorong UMKM Naik Kelas, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Sertifikat PIRT


Peluang.co.idPemkab Banyuwangi terus memfasilitasi penerbitan sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi para pelaku usaha mikro. Sebanyak 650 pelaku UMKM olahan pangan telah memanfaatkan program tersebut dan terus berlanjut.


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengungkapkan sertifikat PIRT diterbitkan sebagai penanda bahwa pangan hasil produksi UMKM telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan.


“Higienitas dan kesehatan menjadi hal yang utama di masa pandemi covid-19. Inilah yang harus diperhatikan oleh semua sektor usaha, terlebih sektor olahan pangan agar produknya bisa diterima publik. Salah satu syaratnya ya produknya harus mengantongi standar keamanan sehat dan higienis untuk dikonsumsi,” jelas Ipuk dilansir Sabtu (13/11/2021).


Ipuk menyebut, saat ini pemkab terus mempercepat pemberian sertifikat PIRT bagi para pelaku UMKM. Ini adalah bagian dari skema pemulihan ekonomi di masa pandemi.


“Dengan izin PIRT, produk usaha rakyat akan semakin dipercaya oleh konsumen. Harapannya tentu saja produk pangannya makin laris, para pelaku UMKM semakin sejahtera. Tahun depan, kita targetkan mendampingi sampai terbit PIRT untuk lebih dari 1.000 UMKM,” ujar Ipuk.


Salah satu peserta, Lukman Hadi, yang merupakan pengusaha selai stroberi, mengaku senang adanya fasilitasi izin PIRT dari pemkab. Ia mengaku belum berani memasarkan produknya secara luas karena belum memiliki izin PIRT. Dia masih menjual selai stroberinya kepada relasi dan keluarga.


“Sekarang belum berani jualan online karena belum ada PIRT. Semoga dibantu pemkab ini pengurusan PIRT nya lancar biar pasarnya lebih luas, bisa masuk kota lain” kata Lukman.



( Sumber & Gambar : Pemkab Banyuwangi / Penulis : Fitri )



Tags : daftar ukm di indonesiaumkm adalahe-form kemenkop ukmdaftar online umkm


Reponsive Ads