Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Konferensi Regional Pembangunan Industri Siap Digelar di Jakarta

Konferensi Regional Pembangunan Industri Siap Digelar di Jakarta Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama United Nat...

Konferensi Regional Pembangunan Industri Siap Digelar di Jakarta


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama United Nations Industrial Development Organization/Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO) kembali menggelar Konferensi Regional Pembangunan Industri atau Regional Conference on Industrial Development (RCID).


Pada konferensi kali ini mengangkat tema “Percepatan Industri 4.0 untuk Industrialisasi yang Inklusif dan Berkelanjutan” dan akan dilaksanakan untuk kedua kalinya pada 10-11 November 2021 di Jakarta.


“Penyelenggaraan RCID ke-2 akan menjadi tonggak penting menuju persiapan diskusi G20 yang akan berlangsung pada tahun 2022 di bawah kepresidenan Indonesia,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari situs Kemenperin, Selasa (9/11/21).


RCID ke-2 ini fokus pada tantangan dan peluang penerapan Industri 4.0 di kawasan Asia Pasifik ketika masa pandemi Covid-19. Tujuannya untuk saling bertukar wawasan dan pengalaman dalam upaya mempercepat pemulihan sektor industri dan ekonomi di kawasan melalui penerapan Industri 4.0.


“Melalui RCID, Pemerintah Indonesia berupaya membina kerja sama di Asia Pasifik untuk penerapan dan pemanfaatan Industri 4.0 untuk pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan atau Inclusive and Sustainable Industrial Development (ISID) di masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.


Ada empat hal utama yang akan diangkat dalam konferensi ini, yaitu peningkatan partisipasi Industri Kecil Menengah (IKM) pada rantai pasok global atau Global Value Chains (GVC), penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), Strategi Transisi Industri Menuju Industri Hijau dan Ekonomi Sirkular, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.


“Konferensi ini sangat penting untuk diikuti, tidak hanya oleh para pelaku usaha, aparatur institusi/lembaga pemerintah, dan akademisi, tetapi juga masyarakat. Hal ini agar berbagai elemen yang ada dapat saling mendukung untuk mempercepat penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0 sekaligus akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia,” tutupnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : g20, lake buena vista, troika adalah


Reponsive Ads