Mobile Menu

navigasi

More News

Kemnaker Siapkan Konsep Perlindungan Tenaga Kerja Bongkar Muat

7:47 PM



Peluang.co.idDirektur Jenderal PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri menyampaikan pihaknya sedang menyiapkan konsep di bidang ketenagakerjaan untuk dimasukkan dalam National Logistic Ecosystem (NLE). 


"Konsep yang akan dimasukkan ini khususnya dalam upaya meningkatkan dan menguatkan perlindungan TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) yang meliputi implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hingga hak-hak TKBM," ungkap Putri dilansir dari situs Kemnaker, Jumat (5/11/21).


NLE merupakan suatu ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. 


Saat ini pemerintah juga tengah berupaya melakukan pembenahan tata kelola yang terintegrasi antar kementerian/lembaga terkait Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). 


"Pembenahan ini sebagai upaya untuk perbaikan ekosistem logistik dengan menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak  kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang berdampak terhadap eksistensi TKBM," jelasnya. 


Ia mengemukakan, pembenahan tata kelola ini dilakukan meliputi tiga aspek. Pertama, regulasi yang efisien dengan standar layanan yang prima, penerapan simplifikasi serta penghapusan repetisi dan duplikasi proses bisnis. Kedua, penyiapan SDM untuk mendukung desain NLE. 


Ketiga, menciptakan strategi penataan ruang logistik yang tepat dengan didukung sistem teknologi informasi yang mampu menciptakan kolaborasi digital atas seluruh proses logistik dalam 1 platform.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : biaya bongkar muat truk, biaya kuli bongkar muat 2021, biaya bongkar muat kontainer, peraturan bongkar muat spsi


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment