Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Kemenperin Tunjukkan Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

Kemenperin Tunjukkan Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021 Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian turut berpartisipasi pada ajan...

Kemenperin Tunjukkan Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021


Peluang.co.idKementerian Perindustrian turut berpartisipasi pada ajang Industrial Transformation Asia Pacific (ITAP) ke-4 yang digelar di Singapore Expo pada tanggal 22-24 November 2021. 


Kegiatan ini diselenggarakan agar peserta dapat mengembangkan bisnisnya menggunakan pendekatan yang berpusat pada pelanggan dan menampilkan solusi-solusi industri 4.0 di tengah dampak pandemi Covid-19. 


Selain memfasilitasi pameran secara fisik, Kemenperin juga berpartisipasi aktif dalam digital sandbox pada platform digital yang disediakan oleh penyelenggara. Dalam sesi ini, tampil para narasumber dari Kemenperin serta perusahaan manufaktur Indonesia yang telah menerapkan industri 4.0, di antaranya PT Astra Otoparts Tbk, PT Telkomsel, dan UMG IdeaLab.


“Mereka memberikan pemaparan dan diskusi secara interaktif melalui platform digital yang terkait dengan implementasi industri 4.0 di Indonesia. Apalagi, kita sudah memiliki peta jalan Making Indonesia 4.0 yang menunjukkan bahwa kita siap memasuki era industri 4.0,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto dilansir Sabtu (27/11/21).


Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas pengembangan dalam upaya melakukan implementasi teknologi industri 4.0 pada proses produksinya sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing industri nasional.


Ketujuh sektor tersebut, yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, elektronik, farmasi, serta alat kesehatan.


“Sektor-sektor ini dipilih karena dapat memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur, dan 60 persen pekerja industri,” ungkapnya.


Pada pelaksanaan pameran secara fisik ITAP 2021, turut berpartisipasi beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan elektronik, yaitu PT Astra Otoparts Tbk., PT EPSON Indonesia, PT UCAL Digital Technology dan UMG IdeaLab.



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : event singapore


ADS