Mobile Menu

navigasi

More News

Kebijakan Erdogan Bikin Lira Turki Anjlok Hingga 15%

8:07 PM

Kebijakan Erdogan Bikin Lira Turki Anjlok Hingga 15%


Peluang.co.idMata uang Turki yaitu lira anjlok lebih dari 15 persen pada Selasa (23/11) kemarin usai Presiden Turki Tayyip Erdogan membela penurunan suku bunga dan berjanji untuk memenangkan 'perang ekonomi kemerdekaan'.


Lira turun hingga ke level 13,45 per dolar AS. Angka ini menjadi titik terendah dalam sesi perdagangan ke-11 berturut-turut. Sepanjang tahun ini lira sudah jatuh 42 persen. Bahkan lira tercatat turun lebih dari 22 persen sejak awal minggu lalu.


Melansir dari Reuters pada Rabu (24/11/21), Erdogan menekan bank sentral untuk tetap melonggarkan kebijakan demi mengerek ekspor dan investasi. Hal ini dilakukan ketika inflasi melonjak hampir 20 persen dan depresiasi mata uang semakin cepat.


Banyak ekonom menilai penurunan suku bunga adalah kebijakan yang 'sembrono'. Warga Turki mengatakan bahwa penurunan Lira telah menjungkirbalikkan anggaran rumah tangga dan rencana pada masa depan.


Mantan Deputi Gubernur Bank Sentral Turki Semih Tumen melalui akun Twitternya mengatakan perlu ada kebijakan yang melindungi nilai lira.


"Eksperimen irasional yang tidak memiliki peluang sukses ini harus segera ditinggalkan dan harus kembali ke kebijakan yang melindungi nilai lira Turki dan kemakmuran rakyat Turki," ujar Tumen di Twitter-nya.


Disamping itu, Bank Sentral Turki tercatat telah memangkas suku bunga sebesar 400 poin sejak September 2021. Hal ini berkebalikan dengan bank sentral lain yang mulai menyiapkan pengetatan kebijakan moneter karena kenaikan inflasi.



( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : lira turki ke rupiah, 100 lira turki berapa rupiah, 1 lira turki berapa rupiah 2020, 1000 lira turki berapa rupiah


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment