Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ekonomi Kembali Normal, Jokowi: Waspada Ketidakpastian Global

Ekonomi Kembali Normal, Jokowi: Waspada Ketidakpastian Global Peluang.co.id -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyaraka...

Ekonomi Kembali Normal, Jokowi: Waspada Ketidakpastian Global


Peluang.co.idPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap ketidakpastian global yang tengah terjadi. Meskipun aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia sudah kembali pada posisi normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.


“Kalau kita lihat di urusan konsumsi, indeks keyakinan konsumen sudah kembali pada posisi normal kembali seperti sebelum pandemi. Kemudian juga retail and sales index juga sudah mulai merangkak naik menguat seiring dengan pelonggaran mobilitas,” jelas Jokowi dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Kamis (25/11/21).


Jokowi menjelaskan berdasarkan laporan Kementerian Keuangan, capaian pajak, bea dan cukai terpantau berjalan dengan baik. Meskipun begitu, Jokowi mengingatkan untuk tetap memperhatikan ketidakpastian global. 


Pajak sangat baik, bea dan cukai juga sangat baik, PNPB juga sudah lebih dari 100 persen, ini baik semuanya. Tumbuh 18,2 (persen) YoY, angka yang sangat besar sekali. Tapi sekali lagi, ketidakpastian itu selalu mengintip, hati-hati. Kita tetap optimistis tapi tetap harus hati-hati,” terangnya.


Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa purchasing managers’ index (PMI) juga sudah menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi. 


“Manufaktur, pabrik, industri pasti akan berproduksi karena dilihat ada demand. Inilah angka yang sangat tinggi sekali 57,2 persen. Pabrik, industri, perusahaan melihat bahwa ada sebuah prospek permintaan,” lanjutnya. 


Jokowi jua mengapresiasi jajaran pemerintah dalam ranah keuangan atas kerjasamanya dalam menghadapi permasalahan selama masa pandemi. Menurutnya, permasalahan tersebut membutuhkan kehati-hatian karena sulit untuk dikalkulasi. 



( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi indonesia, sistem ekonomi, ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi


Reponsive Ads