Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemenperin: IKM Alas Kaki Berhasil Tembus Pasar Ekspor

Kemenperin: IKM Alas Kaki Berhasil Tembus Pasar Ekspor Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan indus...

Kemenperin: IKM Alas Kaki Berhasil Tembus Pasar Ekspor


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) produsen alas kaki agar bisa meningkatkan daya saingnya. Sebagai negara pusat produksi alas kaki terbesar ke-4 dunia, Indonesia memiliki potensi menjadi produsen sepatu lokal yang kompetitif di kancah global.


Hal ini terbukti dengan adanya dua merek sepatu lokal yang telah mampu merambah ke pasar global, di antaranya Sagara Boots dan Pijakbumi. Keduanya merupakan mitra Badan Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Sidoarjo.


“Kisah sukses kedua IKM ini diharapkan mampu membangkitkan semangat IKM lainnya untuk lebih lihai membaca peluang di pasar dalam dan luar negeri,”ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam keterangannya dilansir Jumat (31/12/21).


Reni mengapresiasi prestasi Sagara Boots dan Pijakbumi yang telah mampu mematahkan stigma negatif produksi sepatu negara berkembang berkualitas buruk, dengan material jelek, dan desain yang kuno. 


“Sagara Boots bahkan telah tembus menjadi sepatu boots kulit tier satu, yang setara dengan sepatu asal Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Sedangkan, produk Pijakbumi telah diekspor ke 20 negara di dunia,” katanya.


Menurutnya, kedua IKM alas kaki tersebut telah membuktikan bahwa brand sepatu lokal semakin inovatif, dengan desain yang mengikuti selera pasar terkini serta tetap memperhatikan produksi ramah lingkungan dan berkesinambungan. 


“Dengan kualitas yang terbaik, kami optimistis brand lokal bisa lebih keren dan punya nilai jual tinggi dibanding brand luar yang ada di retail besar,” pungkasnya.



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : industri alas kaki 2021, contoh ekspor alas kaki, elektronika diekspor ke negara, ekspor sepatu indonesia


Reponsive Ads