Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR Soroti Banyaknya Buruh Asing Masuk ke Indonesia

9:56 PM

Anggota DPR Soroti Banyaknya Buruh Asing Masuk ke Indonesia


Peluang.co.idAnggota Komisi IX DPR RI Sungkono menyoroti banyaknya buruh asing yang masuk ke Indonesia. Ia mengatakan terus mendapat laporan bahwa data tenaga kerja asing (TKA) yang disampaikan oleh pemerintah daerah selalu berbeda dengan fakta di lapangan.


“Banyak perusahaan di Indonesia, apalagi di daerah saya di Sidoarjo, itu banyak buruh asing yang jumlahnya tidak sesuai dengan data di Disnaker. Itu bisa kita pantau. Katakanlah di laporan 50, di sana bisa lebih dari 1000. Itu kan persoalan,” ujar Sungkono dilansir dari situs resmi DPR, Sabtu (27/11/2021).


Menurutnya, salah satu tujuan dasar bernegara adalah seharusnya melindungi warga negara. Sehingga, dibutuhkan kebijakan negara yang objektif mengenai hal tersebut. 


“Jadi harus berpikir stabilitas bangsa dan ketentraman dalam investasi. Jangan sampai ada pihak yang satu berlebihan dalam keuntungan, yang lain mengalami kekurangan. Buruh kita sejahtera, tapi pengusaha kita juga nyaman berusaha,” terangnya.


Sungkono berharap nantinya partisipasi buruh dalam mengikuti kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Namun, jika memang belum ikut kepesertaan dikarenakan belum mampu membayar premi, Sungkono berharap negara tidak lantas mengabaikan karena alasan teknis.


“Kalau rakyat tidak punya kartu BPJS itu harusnya di-cover. Jangan sampai mereka yang miskin tidak dapat pelayanan karena teknis administratif, tidak punya kartu BPJS dan sebagainya. Saya yakin mereka maunya bayar semua premi, asalkan income mereka juga lancar,” pungasnya.



( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : permasalahan tenaga kerja asing di indonesia, alasan mempekerjakan tenaga kerja asing, penggunaan tenaga kerja asing, izin tenaga kerja asing di indonesia



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment