Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ini Strategi Trenggono Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi Sektor Perikanan

Ini Strategi Trenggono Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi Sektor Perikanan Peluang.co.id -  Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggon...

Ini Strategi Trenggono Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi Sektor Perikanan


Peluang.co.idMenteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan sejumlah program untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi dari subsektor tangkap dan sub sektor budidaya. Program ini rencananya akan diimplementasikan pada tahun 2022 mendatang. 


Program tersebut yaitu Kebijakan Penangkapan Terukur, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor,  dan pengembangan kampung budidaya perikanan berbasis kearifan lokal.


"Peluang optimalisasi perikanan masih terbuka lebar, untuk mewujudkan hal itu, kita perlu menjaga keseimbangan antara ekologi dan ekonomi dengan menerapkan konsep blue economy," ujar Trenggono di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dikutip dari laman KKP, Sabtu (27/11/2021).


Menurutnya, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki potensi perikanan yang sangat baik. Dengan kebijakan penangkapan terukur, sumber daya alam perikanan yang ada di wilayah perairan Kepri, pemanfaatannya menjadi lebih optimal untuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan daerah serta penerimaan negara. 


"Ke depan kebijakan yang akan kita jalankan adalah bagaimana nelayan ngambil di Kepri, maka harus dirasakan Kepri, proses di Kepri, agar industrinya berkembang di Kepri, yaitu melalui penangkapan, dengan demikian tenaga kerjanya juga harus dari Kepri," jelasnya.


Melalui kebijakan penangkapan terukur, mekanisme penangkapan ikan di 11 WPPNRI akan dibagi dalam sistem zonasi dan kuota yang diperuntukkan bagi pelaku industri dan nelayan tradisional. Kemudian dari sistem zonasi tersebut, KKP menetapkan area spawning dan nursery ground untuk menjaga keberlangsungan populasi ikan.


"Saya juga akan memastikan, implementasi kebijakan ini akan diawasi melalui sistem pengawasan yang terintegrasi dan terukur," tutupnya.



( Gambar : KKP / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi perikanan pdf, sosial ekonomi perikanan, apa manfaat ekonomi perikanan, potensi perikanan adalah


Reponsive Ads