Mobile Menu

navigasi

More News

Airlangga : Industri 4.0 Butuh Generasi Muda Kreatif dan Inovatif

11:46 PM

Airlangga : Industri 4.0 Butuh Generasi Muda Kreatif dan Inovatif


Peluang.co.idMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa industri 4.0 membutuhkan peran generasi muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif. Hal ini disampaikan oleh Airlangga dalam acara “The Bridge Conference 2021” yang diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (13/11/21) lalu.


“Karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing memasuki revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital,” ujar Airlangga dikutip dari situs Kemenko Perekonomian, Senin (15/11/21).


Generasi muda memiliki peran penting dalam membangun perekonomian nasional. Mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z yang berusia 8 sampai dengan 23 tahun dengan porsi sebesar 27,94% dari total populasi yang memiliki tingkat adopsi digital dan pemahaman di bidang keuangan yang tinggi.


Indonesia diperkirakan akan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan. Selain itu, pekerja dengan keterampilan digital berpotensi memberikan kontribusi senilai Rp4,434  triliun untuk PDB Indonesia tahun 2030 atau sebesar 16% dari total PDB. Besarnya nilai-nilai tersebut, harus dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas. 


Pada tahun 2030, Indonesia diproyeksikan akan memasuki bonus demografi dimana angkatan kerja produktif mencapai 64% dari total penduduk. Industri berbasis teknologi dan digitalisasi diperkirakan akan menjadi engine of growth baru yang membutuhkan SDM yang bertalenta dan technopreneur yang berdaya saing. 


Agar dapat memperoleh manfaat yang optimal dari kondisi tersebut, Airlangga mengatakan bahwa potensi ini harus diimbangi dengan peningkatan produktivitas dan kualitas pendidikan.


“Pemerintah berharap agar peluang ini dapat dimanfaatkan anak-anak muda untuk mengoptimalkan kreativitas, inovasi, dan menjadi inspirasi serta menggali potensi diri untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenko Perekonomian / Penulis : Fitri )



Tags : artikel generasi muda, generasi muda berkarakter adalah, essay tentang generasi muda, pesan untuk generasi muda


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment