Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

PON XX dan Peparnas XVI 2021 Habiskan Anggaran Rp 3,5 Miliar

Peluang.co.id -  Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ( PON ) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua meru...



Peluang.co.idPenyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua merupakan momen olahraga terbesar yang pertama kali diselenggarakan Indonesia di masa pandemi. 


Dalam mendukung penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI melalui pemerintah pusat mengalokasikan anggaran melalui APBN. Hingga tahun 2021, pemerintah memproyeksikan total anggaran sebesar Rp 3.535,4 miliar.


Alokasi anggaran tersebut diberikan secara bertahap mulai tahun 2018 hingga 2021 untuk penyelenggaraan acara serta pembangunan infrastruktur utama maupun infrastruktur pendukung.


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diberi tugas untuk memfasilitasi percepatan dukungan teknis anggaran yang diperlukan oleh K/L. Serta memfasilitasi percepatan hibah Barang Milik Negara (BMN) prasarana dan sarana pertandingan dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua.


“Nanti barang yang anggarannya sudah disediakan kemudian dibangun menjadi BMN, barang tersebut nanti akan dihibahkan kepada Pemda yaitu Pemerintah Papua. Nanti akan kita serahkan dalam bentuk hibah dan bagus untuk menambah aset Barang Milik Daerah (BMD),” ungkap Direktur BMN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan dilansir dari situs Kemenkeu, Sabtu (9/10/21).


Hibah ini bertujuan untuk memudahkan keberlanjutan pengelolaan aset tersebut. Sehingga, diharapkan memberikan manfaat sosial ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya dalam jangka panjang.


Total BMN yang dihibahkan sebesar Rp1.350,67 miliar. BMN yang rencananya dihibahkan yaitu Arena Aquatic, Istora Papua Bangkit, Arena Cricket, Hockey Indoor dan Outdoor, Kawasan Kampung Harapan, Kawasan Doyo Baru, Arena Sepatu Roda, Arena Panahan, Arena Dayung, Sistem Drainase Kabupaten Jayapura, dan Sanitasi. 



( Gambar : Kemenkeu / Penulis : Fitri )



Tags : peserta ponlokasi pon 2021venue pon papuacabang olahraga di pon 2021


Reponsive Ads