Mobile Menu

navigasi

More News

Petani Yogyakarta Ekspor Salak Pondoh Senilai USD 15 Ribu

12:00 AM



Peluang.co.idBalai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kementerian Perdagangan bersama PT Serena Sejahtera menginisiasi ekspor salak pondoh milik 1.200 petani di Yogyakarta. Salak pondoh yamg diekspor ke Kamboja sebanyak 6 ton ini bernilai sebesar USD 15 ribu. 


“Produk-produk Indonesia, khususnya salak pondoh asal Yogyakarta sekarang mulai diminati di luar negeri. Hal ini tentu menjadi peluang bagi kita untuk terus menggenjot ekspor produk Indonesia ke luar negeri,”ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi dalam keterangannya, dilansir Sabtu (9/10/21).


Sesuai dengan prediksi International Monetary Fund (IMF), pertumbuhan ekonomi global pada 2021 diperkirakan memberikan sinyal positif atau tumbuh sebesar 5,5 persen dibandingkan tahun 2020. 


Beberapa negara tujuan ekspor Indonesia saat ini yang sudah mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, diantaranya Tiongkok, Amerika Serikat, dan negara lainnya.


Menurutnya, momentum pemulihan ekonomi menjadi faktor penting yang mendukung keberhasilan pelaku usaha menembus pasar ekspor. Hal ini ditandai dengan meningkatkan permintaan di pasar tujuan ekspor. Para pelaku usaha Indonesia diharapkan harus dapat lebih memanfaatkan peluang tersebut.


Didi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan DIY serta para petani yang ikut serta dalam kegiatan ekspor salak pondoh ke Kamboja kali ini.


“Sebagaimana arahan Menteri Perdagangan, kami akan terus mendampingi dan membantu memberikan fasilitas kepada para pelaku usaha potensial untuk mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) siap masuk ke pasar internasional dan menjadi pelaku perdagangan global,” tutupnya.



( Gambar : Kementerian Pertanian / Penulis : Fitri )



Tags : data produksi salak di indonesia, tujuan ekspor salak, daerah penghasil salak pondoh, pertanian salak

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment