Mobile Menu

navigasi

More News

Perluas Direktori Digital Pasar UMKM, Kemenkop UKM Jalin Kerjasama

11:55 PM



Peluang.co.idKementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag), PT Sarinah (Persero) serta PT Ina Produk Indonesia (InaProduct.com) meluncurkan situs inaproduct.com. Hal ini sebagai upaya percepatan digitalisasi produk UMKM terus dilakukan berbagai pihak.


“Inaproduct.com bisa menjadi jembatan menghubungkan UMKM kepada buyer tak hanya di dalam tapi juga luar negeri. Situs direktori ini penting dalam mewujudkan UMKM benar-benar menjadi tulang punggung ekonomi nasional,” ujar MenKop UKM Teten Masduki dilansir pada Jumat (29/10/21).


Situs ini berisikan direktori produk Indonesia mulai dari informasi lengkap pelaku dan brand lokal termasuk UKM dari nama usaha, alamat, kontak, produk, hingga foto pabrik/workshop yang dengan mudah diakses semua pihak. Sehingga mampu memperluas jaringan pemasaran baik lingkup dalam dan luar negeri. 


Adanya situs direktori ini diharapkan dapat membuka peluang usaha bagi UMKM, untuk dapat menyajikan produk andalan sesuai kebutuhan langsung dari tangan pertama, memberikan kemudahan bisnis, serta mendorong ekosistem bisnis yang kondusif, business matching, pelatihan, dan pameran online dan offline. 


"Kami bersyukur harapan punya direktori ini terwujud. Tadinya kami pikir direktori ini bisa dibuat sendiri di KemenKop UKM, tapi lebih pas memang dibuat oleh swasta agar lebih sustain. Sehingga UMKM lebih produktif dan memiliki daya saing,” ujarnya.


Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga menyebut ada tiga permasalahan utama yang kerap kali dihadapi UMKM yaitu pelaku UMKM kurang berpengalaman sehingga sulit beradaptasi, kurang jaringan dan kurang pendanaan. 


“Dengan inaproduct.com ini bisa menjembatani permasalahan UMKM dari sisi networking. Mudah-mudahan begitu situs ini berjalan, bisa langsung menjual produk UMKM yang lebih baik dan berdaya saing,” katanya.



( Sumber & Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : daftar ukm di indonesiaumkm adalahe-form kemenkop ukmdaftar online umkm




Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment