Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

PELUANG

latest

ADS


Hadir di KTT ke-13, Jokowi Ungkap Upaya Pemulihan Ekonomi

Peluang.co.id -  Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi. Hal ini ia sampaikan dal...



Peluang.co.idPresiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi. Hal ini ia sampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT) secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada 28 Oktober 2021.


Tiga upaya pemulihan ekonomi tersebut yaitu pertama, pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur, baik hard infrastructure maupun soft infrastructure. Dalam hal ini, Indonesia berkomitmen untuk menjamin keterhubungan di wilayah Sumatera.


Kedua, mendukung ketahanan pangan dan energi melalui identifikasi dan pengembangan produk pertanian bernilai tambah tinggi. Pengembangan pertanian digital penting untuk meningkatkan produktivitas dan menarik partisipasi generasi muda.


“Untuk energi, teknologi dengan harga terjangkau, dan investasi memegang peranan penting bagi transformasi energi baru dan terbarukan. Oleh karena itu, kerja sama dengan mitra menjadi penting sekali artinya,” ujar Jokowi dilansir pada Jumat (28/10/21).


Ketiga, mempercepat transformasi ekonomi digital termasuk untuk UMKM. Presiden menuturkan bahwa pandemi mengajarkan pentingnya teknologi digital untuk menjalankan perekonomian.


“Kita harus lahirkan lebih banyak lagi digitalpreneur baru. Kita pastikan IMT-GT e-commerce platform yang baru dibentuk agar berfungsi optimal dan user friendly dalam memfasilitasi UMKM di pasar digital,” imbuhnya.


Jokowi juga mengungkap rencana Indonesia menggelar ASEAN Creative Economic Business Forum di Bali pada bulan November mendatang sebagai upaya memperkuat peran UMKM dan ekonomi kreatif. 



( Sumber & Gambar : presiden.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : pemulihan ekonomi di masa pandemi, pertumbuhan ekonomi indonesia, strategi pemulihan ekonomi, pemulihan ekonomi nasional 2021


ADS