Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Miliki Nilai Ekonomi Rp 750 Triliun, Kemenperin Dorong Hilirisasi Industri Sawit

Peluang.co.id -  Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menegaskan pihaknya fokus untuk menjalan...



Peluang.co.idPlt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menegaskan pihaknya fokus untuk menjalankan kebijakan hilirisasi industri berbasis minyak sawit. Upaya strategis ini dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah bahan baku lokal sekaligus mendorong masuknya investasi dan pendalaman struktur manufaktur dalam negeri.


Indikator keberhasilan hilirisasi industri minyak sawit dalam negeri adalah ratio volume ekspor antara bahan baku (CPO/CPKO) dibandingkan produk olahan. Pada tahun 2021 s.d. bulan Agustus 2021, ratio volume ekspor meningkat menjadi 9,27% vs. 90,73% (data GAPKI diolah Kemenperin).


“Saat ini, lebih dari 160 ragam jenis produk hilir olahan minyak sawit telah mampu diproduksi di dalam negeri, di antaranya untuk keperluan pangan, fitofarmaka, bahan kimia (oleokimia), hingga bahan bakar terbarukan (biodiesel). Angka ragam jenis ini mengalami peningkatan yang signifikan dari ragam jenis pada tahun 2011 yang hanya mencapai 54 jenis produk saja,” ujar Putu dilansir dari situs Kemenperin, Kamis (21/10/21).


Kemenperin memproyeksi nilai ekonomi sektoral industri perkelapasawitan dari hulu sampai hilir mencapai Rp 750 triliun per tahun, di mana Rp. 300 triliun disumbang dari devisa ekspor. 


Di masa pandemi ini, produk oleokimia Indonesia juga diminati konsumen global sebagai bahan sanitasi. Hal ini berdampak pada kinerja ekspor produk personal wash pada periode Januari-Mei 2021 yang tumbuh sebesar 10,47% dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Volume ekspor selama lima bulan tahun ini mencapai 1,64 juta ton atau senilai USD 1,53 miliar.


“Pencapaian sektor industri hilir ini perlu diapresiasi dengan dua sudut pandang, yaitu ekonomi dan kontribusi pada kemanusiaan global karena produk oleokimia sabun/personal wash digunakan oleh penduduk dunia untuk memutus persebaran virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19,” tandasnya.



( Gambar : Info Sawit / Penulis : Fitri )



Tags : sawit indonesia, manfaat sawit, sawit - harga, sawit riau, jenis-jenis kelapa sawit


Reponsive Ads