Mobile Menu

navigasi

More News

Menteri Teten Lepas Ekspor Mangga Asal Gresik ke Singapura

10:00 PM



Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melepas ekspor mangga dengan tujuan Singapura sebanyak 1 ton. Mangga ini berasal dari petani asal Gresik yang diberi nama brand Mangga Sultan.


Ekspor mangga ini merupakan sinergi antara Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindag (Diskoperindag) Gresik, Direktorat Bea Cukai Jatim, Atase Perdagangan KBRI Singapura, dan  PT Galasari Gunung Sejahtera (GGS).


"Ekspor ini menjadi tanda bahwa UMKM kita berdaya saing tinggi, mampu menembus pasar internasional di tengah pandemi Covid-19 ini. Saya sangat mengapresiasi peran aktif berbagai pihak dan inisiasi perluasan pasar ekspor produk UMKM,” ujar Teten dikutip Sabtu (23/10/21).


Diketahui, ekspor mangga ini merupakan ekspor yang kedua setelah ekspor pertama yang dilakukan pada awal tahun 2021. Mangga jenis arumanis menjadi buah favorit di Singapura bersaing dengan mangga asal Thailand. 


Produksi mangga di Provinsi Jawa Timur sendiri telah mencapai 1,29 juta ton atau sebesar 49,8 persen dari total produksi mangga Indonesia yang mencapai 2,89 juta ton. 


Disamping itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani juga mendorong agar pelaku UMKM jangan takut untuk melakukan ekspor terutama fokus produk-produk unggulan daerah. 


“Ekspor mangga ke-2 ke Singapura ini diharapkan terus berlanjut dan semakin besar kapasitas ekspornya. Bulan depan, kami sedang menyiapkan produk kunyit kering untuk dikirim ke India sebagai bahan membuat kari. Hasil kunyit kering di wilayah selatan Gresik ini cukup banyak tersedia,” pungkasnya. 



( Sumber & Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : cara ekspor mangga, data ekspor mangga 2019, komoditas ekspor indramayu, komoditas ekspor majalengka



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment