Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Dukung Ekonomi Syariah, Jokowi Dorong Santri Jadi Wirausahawan

Peluang.co.id -  Indonesia memiliki peluang besar menjadi pemain utama dalam  ekonomi syariah  dan industri halal di dunia. Hal karena seja...



Peluang.co.idIndonesia memiliki peluang besar menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia. Hal karena sejak tahun 2018 ekonomi syariah Indonesia terus naik peringkat hingga terakhir di tahun 2020 berada di peringkat 4 dunia.


Presiden RI Joko Widodo berharap masyarakat ekonomi syariah (MES) dapat menggerakkan perekonomian yang inklusif serta melahirkan banyak wirausahawan utamanya dari kalangan santri.


“Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren,” ujar Jokowi dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dilansir dari aitus resmi Presiden RI, Jumat (22/10/21).


Jokowi menuturkan orientasi santri saat ini bukan lagi untuk mencari pekerjaan, tetapi menciptakan kesempatan kerja dan menebarkan manfaat yang lebih luas.


“Peran pendidikan di pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis. Mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan, mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja, dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses,” jelasnya.


Jokowi mengingatkan bahwa semangat kewirausahaan yang mulai tumbuh harus diikuti dengan percepatan inklusi keuangan. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema pembiayaan untuk mendukung tumbuhnya wirausahawan baru.


“Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik sehingga pesantren dan para santri dapat makin berperan dalam memperkuat ekonomi umat,” tambahnya.



( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : entrepreneurship santri


Reponsive Ads