Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ini Komitmen Kemnaker Melindungi Pekerja MIgram di Dubai

Peluang.co.id -  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghadiri pertemuan Abu Dhabi Dialogue (ADD) ke-VI dan menyepakati empat komitmen b...



Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghadiri pertemuan Abu Dhabi Dialogue (ADD) ke-VI dan menyepakati empat komitmen bersama di antara Menteri-Menteri Tenaga Kerja dari negara pengirim (country of origin) dan negara penerima (country of destination) pekerja migran. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Joint Ministerial Declaration (JMD).


Empat komitmen bersama dalam JMD yakni antisipasi lansekap perubahan pekerjaan menghadapi perubahan dunia kerja, khususnya bagi pekerja migran perempuan. Kedua, ketrampilan pekerja migran dan sharing data pekerja migran di antara negara anggota (sending and receiving countries).


Ketiga, pemanfaatan teknologi menuju pekerja migran yang adil, tertib, dan aman. Keempat, kontribusi ADD dalam Global Consultations on Migration.


"Selain itu, dalam agenda juga digelar Awards Ceremony dan serah terima jabatan Chair kepada Pakistan sebagai Chair ADD selanjutnya," kata Menaker Ida dalam keterangan resminya, dilansir Kamis (28/10/21). 


Pertemuan ADD juga telah menetapkan lima rekomendasi. Pertama, memberikan dan meningkatkan akses keadilan bagi pekerja migran. Kedua, memfasilitasi dan meningkatkan mobilitas keterampilan antara negara-negara asal dan negara-negara tujuan dalam menanggapi perubahan lanskap pekerjaan. 


Ketiga, mengatasi tantangan Covid-19. Keempat, pengintegrasian gender ke dalam kebijakan promosi pekerjaan. Kelima, membina kerja sama internasional, intra regional dan antar regional.


ADD merupakan forum berhimpunnya 12 negara pengirim dan 6 negara-negara penerima pekerja migran, dan 2 negara peninjau. Ke-20 negara anggota Forum Abu Dhabi Dialogue adalah Afganistan, Bangladesh, China, India, Indonesia, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.



( Sumber & Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tag : contoh pekerja migran, pekerja migran indonesia pdf, pekerja migran indonesia di malaysia, pekerja migran asean


Reponsive Ads