Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Habiskan Uang Rakyat, Puan Maharani Dukung Penutupan BUMN Sakit

Peluang.co.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung penutupan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sakit. Meskipun banyak mendapat dukun...



Peluang.co.idKetua DPR RI Puan Maharani mendukung penutupan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sakit. Meskipun banyak mendapat dukungan modal dari APBN dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN), BUMN yang sakit ini tetap sulit ‘sembuh’ dan memberikan manfaat bagi masyarakat.


“BUMN-BUMN yang tidak berdaya guna dan cenderung menghabiskan uang rakyat memang lebih baik ditutup karena hanya menjadi beban negara,” ujar Puan, dilansir dari situs DPR RI, Selasa (19/10/2021). 


Puan menjelaskan harus ada keputusan tegas untuk berhenti memberikan PMN kepada BUMN. Ia menyoroti banyaknya perusahaan pelat merah yang mendapat suntikan PMN, tapi tak kunjung berbenah memperbaiki kondisi perusahaan.


“Harus ada langkah tegas untuk menghentikan PMN terhadap BUMN yang tak bisa lagi berkembang. Percuma bertahan, tapi tak bisa maju akibat buruknya tata kelola perusahaan dan rendahnya profesionalisme para pengurusnya,” jelasnya.


Puan juga kembali mengingatkan bahwa salah satu tujuan didirikannya BUMN adalah untuk menyelenggarakan kemanfaatan umum bagi masyarakat. Namun jika tujuan tersebut tak dapat tercapai, penyelamatan yang dilakukan pemerintah akan sia-sia.


Menurutnya, buruknya tata kelola perusahaan satunya diduga karena ada banyak ‘permainan’ di tubuh BUMN itu sendiri. Ia menyebut persoalan-persoalan seperti ini yang harus dituntaskan hingga seakar-akarnya. 


“Adanya permainan-permainan ini diakui sendiri oleh Kementerian BUMN, termasuk di antaraya ada pada sektor industri gula dalam negeri. Maka kami mendukung berbagai upaya efisiensi yang dilakukan Kementerian BUMN terhadap perusahaan-perusahaan milik negara yang buruk,” tandasnya.



( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : daftar perusahaan bumn 2020kementerian bumngaji bumndaftar perusahaan bumn 2021


Reponsive Ads