Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

7 Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Kondisi Investasi dan Ekspor Industri

Peluang.co.id -  Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan kondisi investasi dan ekspor industri selama tujuh tahun masa...



Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan kondisi investasi dan ekspor industri selama tujuh tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi yang juga diwarnai dengan pandemi Covid-19.


Kinerja industri manufaktur tumbuh positif diantaranya terlihat dari realisasi nilai investasi sektor sekunder pada periode pertama Pemerintahan Jokowi (tahun 2015-2019) yang secara total menembus Rp1.280 triliun dengan nilai rata-rata investasi tahunan sebesar Rp 250 triliun.


“Total nilai investasi selama periode lima tahun pertama ini bahkan lebih besar dari nilai investasi yang terakumulasi selama 10 tahun pada kurun waktu 2005-2014,” ujar Agus dalam keterangan resminya, Kamis (28/10/21).


Sementara itu, pada periode kedua Pemerintahan Jokowi, realisasi investasi di sektor manufaktur sepanjang tahun 2020 tercatat sebesar Rp 270 Triliun, lebih tinggi dari nilai rata-rata periode sebelumnya meski sektor industri mendapat hantaman keras (hard hit) dari dampak pandemi Covid-19.


Kemudian dari sisi ekspor, kontribusi sektor industri manufaktur terhadap capaian nilai ekspor nasional masih mendominasi dan terus meningkat dari USD 108,6 miliar pada tahun 2015 menjadi USD 127,4 miliar tahun 2019. Bahkan kontribusi ekspor sektor industri manufaktur pada tahun pertama (2020) di masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mengalami kenaikan menjadi USD 131,1 miliar, meskipun di tengah himpitan pandemi Covid-19. 


Surplus neraca perdagangan pun terus berlanjut hingga bulan September 2021 sebesar USD 4,37 miliar, yang merupakan surplus selama 17 bulan secara berturut-turut sejak bulan Mei 2020. Pada periode Januari-Agustus 2021, nilai ekspor sektor manufaktur telah mencapai USD 115,13 miliar.


“Capaian sektor industri manufaktur di bidang investasi dan ekspor mengiringi kontribusi sektor industri manufaktur terhadap penerimaan negara dan kontribusi terhadap pembentukan PDB nasional yang terus meningkat dan merupakan tertinggi dibandingkan dengan sektor ekonomi lainnya,” tandasnya.



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tag : ekspor manufaktur adalah, data ekspor impor, data impor indonesia 2020, ekspor adalah


Reponsive Ads