Mobile Menu

navigasi

More News

Ma'ruf Amin : Pertanian Jadi Tulang Punggung Ekonomi Saat Pandemi

2:58 AM



Peluang.co.idMeskipun di tengah tekanan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19, sektor pertanian mampu hadir sebagai tulang punggung bagi perekonomian nasional. Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang tahun 2020 sektor pertanian mampu tumbuh 1,75 persen. 


“Pertumbuhan itu terjadi ketika banyak sektor (lain) justru terkontraksi,” terang Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin dalam acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021, Senin (13/09/2021). 


Ia menjelaskan tujuan pembangunan pertanian di tanah air yang telah ditetapkan pemerintah meliputi tiga hal, yaitu pemenuhan kebutuhan pangan rakyat, peningkatan kesejahteraan petani, dan peningkatan ekspor. 


“Terkait pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia, alhamdulillah pemerintah masih bisa menjamin ketersediaan sebelas komoditas utama bagi 273 juta jiwa masyarakat Indonesia,” ujarnya. 


Berdasarkan laporan BPS, total ekspor pertanian periode Januari-Juli 2021 mencapai 2,24 miliar Dolar Amerika Serikat atau meningkat 8,72 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan pihaknya terus menciptakan berbagai kebijakan dan kerjasama agar pertanian tidak berhenti dan tetap bekerja memenuhi pangan rakyat. 


“Stimulus dan rencana aksi pun harus terus dilakukan agar sektor (pertanian) terus tumbuh positif hingga dapat menjadi penyelamat agar negara tidak terperangkap dalam resesi ekonomi berkepanjangan,” tuturnya. 


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : hasil pertanian, contoh pertanian, pertanian di indonesia, kementerian pertanian


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment