Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemenperin Optimalkan TKDN Produk TIK

Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian mendorong produk TIK dapat lebih banyak diproduksi oleh industri nasional. Langkah ini sesuai u...



Peluang.co.idKementerian Perindustrian mendorong produk TIK dapat lebih banyak diproduksi oleh industri nasional. Langkah ini sesuai upaya pemerintah untuk menjalankan kebijakan substitusi impor dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).


Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, berbagai upaya strategis telah dilaksanakan dalam peningkatan kualitas dan kapasitas produksi bagi industri TIK seperti optimalisasi P3DN.


“Penerapan TKDN elektronika sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai substitusi impor hingga 35 % pada akhir 2022,” ujar Agus dilansir dari Kemenperin, Rabu (22/9/21).


Sejauh ini sudah ada 581 produk peralatan elektronika di Indonesia telah bersertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Dari jumlah tersebut, produk dengan nilai capaian TKDN kurang dari 25% berjumlah 134 produk, TKDN 25-40% sebanyak 240 produk, dan TKDN lebih dari 40% sekitar 207 produk.


Sedangkan, sertifikasi terhadap peralatan telekomunikasi mencapai 691 produk, dengan capaian TKDN di bawah 25% berjumlah 24 produk, TKDN 25-40% sebanyak 655 produk, dan TKDN lebih dari 40% sekitar 12 produk.


Untuk produk-produk bersertifikasi dengan nilai TKDN lebih dari 25% periode 2018-2021, berjumlah 13.973 produk. Dari total tersebut, sebanyak 447 diantaranya berasal dari peralatan elektronika, dan peralatan telekomunikasi sebanyak 667 produk.


Tata cara penghitungan TKDN produk elektronika juga diatur dalam Permenperin No. 22 Tahun 2020 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN Produk Elektronika dan Telematika.


"Mengikuti perkembangan industri dalam negeri, saat ini sedang difinalkan Permenperin khusus yang akan mengatur tata cara perhitungan TKDN untuk produk laptop,” tandasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : produk tik dan penggunaan dalam sehari hari, tik adalah, peralatan utama untuk membuat produk tik, alat bantu dalam membuat produk tik yang berfungsi


Reponsive Ads