Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Jokowi Berharap Indonesia Dapat Keluar dari Pengekspor Bahan Mentah

Peluang.co.id -  Presiden RI Jokowi Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa Indonesia harus segera keluar dari jebakan sebagai negara pengekspor...



Peluang.co.idPresiden RI Jokowi Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia harus segera keluar dari jebakan sebagai negara pengekspor bahan mentah. 


Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu (15/9/2021).


“Strategi bisnis besar negara adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah. Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi,” jelas Jokowi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet. 


Jokowi menuturkan Indonesia harus menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi


“Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi,” imbuhnya. 


Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia didukung manajemen pengelolaan yang baik. Diperkirakan dalam 3-4 tahun ke depan Indonesia akan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel.


“Hilirisasi  industri nikel akan meningkatkan nilai tambah bijih nikel secara signifikan. Jika diolah menjadi sel baterai nilainya bisa meningkat enam sampai tujuh kali lipat. Dan, jika menjadi mobil listrik akan meningkat lebih besar lagi nilai tambahnya, yaitu sebelas kali lipat,” tandasnya. 


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : data ekspor bahan mentah indonesia, contoh bahan mentah, bahan baku adalah, siapakah eksportir itu


Reponsive Ads