Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Dorong TKDN IKM, Kemenperin Gulirkan Program DAPATI

Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian mendorong kenaikan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN ) melalui program  Dana Kemitraan ...



Peluang.co.idKementerian Perindustrian mendorong kenaikan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui program Dana Kemitraan Peningkatan Teknologi (DAPATI). Hal ini untuk memacu produktivitas dan daya saing industri nasional. 


“Untuk mencapai sasaran tersebut, salah satu upaya Kemenperin adalah mendukung progam TKDN dengan meningkatkan kualitas produk industri kecil dan menengah (IKM),” jelas Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi di Jakarta, Senin (13/9/2021).


Ia mengatakan pihaknya juga berperan dalam mengembangkan program DAPATI dan berharap program ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk IKM.


“DAPATI merupakan program yang dikembangkan oleh Kemenperin melalui BSKJI untuk membantu meningkatkan kemampuan pelaku IKM dalam meningkatkan kualitas produknya,” imbuhnya.


Program DAPATI ini merupakan pemberian bantuan pendanaan berupa sebagian biaya yang diperlukan untuk pelayanan jasa konsultansi teknis guna menyelesaikan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi IKM dalam rangka meningkatkan efisiensi, produktivitias, nilai tambah, daya saing, dan kemandirian industri.


“Skema pembiayaan DAPATI adalah 75% : 25%, dengan maksimal 75% pendaanaan berasal dari APBN melalui BSKJI dan 25% sisanya merupakan pembiayaan oleh IKM itu sendiri,” terangnya.


Menurutnya, optimalisasi teknologi serta rekayasa proses dan produk akan dapat meningkatkan penggunaan bahan baku sumber daya alam atau hasil industri hulu menjadi pendukung utama produk-produk industri dalam negeri. Sejalan dengan kebijakan Kemenperin untuk menaikkan nilai TKDN menjadi 50% pada tahun 2024.



( Gambar : Kementerian Perindustrian / Penulis : Fitri ) 



Tags : database tkdn, p3dn tkdn, peraturan tkdn, contoh sertifikat tkdn


Reponsive Ads