Mobile Menu

navigasi

More News

Dahlan Iskan : Berkat BLBI, Banyak yang Mendadak Jadi Kaya

8:29 PM



Peluang.co.idMantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkap banyak yang mendadak kaya raya berkat Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Dana BLBI tersebut diberikan saat krisis 1997-1998 kepada perbankan yang kesulitan.


Ia menyayangkan dana BLBI yang diberikan tersebut malah disalahgunakan. Sehingga tidak heran banyak yang menjadi kaya raya berkat dana BLBI. Beberapa diantaranya sudah masuk bui dan sisanya masih dikejar oleh pemerintah.


"Banyak pula yang mendadak kaya-raya dari permainan di sekitar BLBI," sebut Dahlan melalui blog miliknya yaitu disway.id, dikutip Sabtu (18/9/2021).


Dahlan menyebut salah satunya adalah Sjamsul Nursalim. Pemilik Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) itu diduga lari ke Singapura bersama istri hingga berstatus buron.


"Tambak udangnya yang terbesar di dunia, Dipasena, di Lampung, tidak terurus. Berantakan. Tapi industri kertasnya tetap berkembang pesat. Menjadi salah satu raksasa di Asia. Berkembang pula ke berbagai macam bisnis lainnya. Anak Nursalim-lah yang mengelola. Sang ayah mengendalikannya dari Singapura," ungkapnya..


Pada April 2021, akhirnya KPK menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) untuk tersangka Sjamsul Nursalim


MA memutuskan kasus BLBI ini bukan pidana melainkan kasus perdata. Dengan bebasnya Sjamsul Nursalim, Dahlan menilai keinginan memenjarakan yang lainnya akan gagal.


"Maka Presiden Jokowi membentuk Satgas penagihan uang BLBI. Menko Polhukam, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menko Perekonomian masuk di dalamnya. Juga Menteri Keuangan serta Menkum HAM," tandasnya.



( Gambar : Bangsa Online / Penulis : Fitri )



Tags : kepanjangan blbidaftar 48 obligor blbiobligor blbi adalah, nama2 obligor blbi





Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment