Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Airlangga Ungkap Inflasi Agustus 2021 Masih Terkendali

Peluang.co.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan inflasi masih tetap terkendali sebesar 0,03 perse...



Peluang.co.idMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan inflasi masih tetap terkendali sebesar 0,03 persen (mtm) atau 1,59 persen (yoy). 


Perkembangan inflasi inti di bulan Agustus 2021 menunjukkan peningkatan menjadi 0,21 persen (mtm) dibandingkan dengan Juli yang hanya sebesar 0,07 persen (mtm).


Peningkatan inflasi inti ini didorong dari kelompok pendidikan yang mengalami inflasi sebesar 1,20 persen (mtm), sejalan dengan momentum dimulainya tahun ajaran baru 2021/2022.


"Inflasi inti yang masih tetap meningkat pada Agustus 2021 merupakan suatu hal yang positif. Meskipun ini tetap perlu menjadi perhatian, melihat permintaan domestik yang belum kuat sepenuhnya," jelas Airlangga dalam keterangan resminya, Kamis (2/9/2021).


Ia menuturkan komponen Harga Diatur Pemerintah (Administered Prices/AP) juga mengalami inflasi sebesar 0,02 persen (mtm) atau 0,65 persen (yoy). Akan tetapi menurutnya hal ini tidak memberikan andil terhadap inflasi Agustus. 


Sementara itu, andil inflasi Rokok Kretek sebesar 0,01 persen telah di-offset oleh deflasi tarif angkutan udara dengan andil sebesar -0,01 persen, dikarenakan pembatasan aktivitas masyarakat.


Airlangga menyebut inflasi terkendali ini dibarengi juga oleh demand yang mulai meningkat. Hal ini tercermin dari Purchasing Managers Index (PMI) pada bulan Agustus yang meningkat, yakni berada di level 43,7.


( Gambar : ekon.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : sejarah inflasi di indonesia, contoh inflasi, inflasi indonesia, kategori inflasi


\




Reponsive Ads