Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemnaker Tanggapi Petisi yang Diajukan Kurir E-Commerce

Peluang.co.id -  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengadakan pertemuan dengan sejumlah kurir e-commerce. Pertemuan ini sebagai respon ...



Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengadakan pertemuan dengan sejumlah kurir e-commerce. Pertemuan ini sebagai respon atas petisi "Menaker Ida, Tolong Lindungi Kurir e-commerce, Mereka Belum Aman dan Sejahtera" yang telah ditandatangani 6563 orang.


Ia mengatakan bahwa pola kemitraan akan dievaluasi dan dikaji lebih mendalam agar posisi tawar driver terhadap aplikator maupun perusahaan jasa pengantar barang dapat lebih setara.


"Hubungan kemitraan jangan sampai membatasi hak dan keselamatan kerja para driver," ucap Menaker Ida dikutip dari situs Kemnaker, Jumat (13/8/21).


Keluhan yang disampaikan terkait minimnya tarif per km yang diterima, jam kerja yang panjang (10-12 jam), perlakuan konsumen yang tidak bersahabat, pola kemitraan yang tidak sehat, ketiadaan regulasi yang melindungi mereka, hingga perjanjian kerja yang hanya berbentuk lisan dan lainnya.


Ida menilai jam kerja yang panjang dapat menyebabkan driver rentan kecelakaan, dan tarif antar yang minim membuat mereka sering bekerja di luar kapasitas normal sebagai manusia.


"Perlindungan terhadap mereka sama pentingnya dengan perlindungan terhadap para konsumen e-commerce," tegasnya.


Ia menyampaikan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait tarif angkutan barang.


( Gambar : Kementerian Ketenagakerjaan / Penulis : Fitri )



Tags : daftar mitra kurir online, kurir logistik, e commerce, acommerce bekasi


Reponsive Ads