Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemnaker Dukung Kebijakan Inklusif Bagi Pekerja Penyandang Disabilitas

Peluang.co.id -  Kementerian Ketenagakerjaan mendukung kebijakan ekonomi inklusif bagi penyandang disabilitas . Menteri Ketenagakerjaan Ida...


Peluang.co.idKementerian Ketenagakerjaan mendukung kebijakan ekonomi inklusif bagi penyandang disabilitas. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan penguatan kebijakan dilakukan melalui penyusunan regulasi pendukung pelaksanaan kebijakan.


"Jadi langkah awal kebijakan ini adalah adanya koordinasi dan kolaborasi yang kuat dengan seluruh stakeholder, baik di tingkat pusat maupun di daerah," ujar Ida dilansir dari laman Kemnaker, Senin (30/8/2021).


Ia mengatakan masih adanya stigma dan stereotip pada masyarakat serta masih lemahnya pemahaman terhadap para penyandang disabilitas.


“Kurangnya akses informasi ketenagakerjaan yang belum inklusif serta pendidikan dan pelatihan kerja belum sepenuhnya ada bagi penyandang disabilitas,” imbuhnya.


Untuk itu, perlu adanya layanan ketenagakerjaan yang inklusif bagi penyandang disabilitas dalam program ketenagakerjaan nasional melalui Ekosistem Digital SIAPKerja/Karirhub, Link And Match Ketenagakerjaan, Transformasi BLK, dan Pengembangan Talenta Muda.


Menurutnya, pemerintah harus menjamin SDM pada unit layanan disabilitas (ULD) melalui penyediaan ASN bidang ketenagakerjaan serta peran masyarakat yang mendukung layanan bagi penyandang disabilitas.


“Pelayanan Ketenagakerjaan inklusif bagi penyandang disabilitas memerlukan pembentukan kelembagaan, penyediaan SDM, sarana prasarana, penganggaran, koordinasi, dan pengawasan/evaluasi,” pungkasnya.


( Gambar : Kementerian Ketenagakerjaan / Penulis : Fitri )



Tags : kemnaker.go.id login bltcek data kemnakerdaftar kemnaker kartu pra-kerjaaplikasi kemnaker


Reponsive Ads