Mobile Menu

navigasi

More News

Bamsoet Minta Pinjaman Online Ilegal Diberantas

1:00 AM


Peluang.co.idKetua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung pinjaman online ilegal diberantas. Karena diduga melakukan praktik pencucian uang dan penghindaran pajak dari bandar atau pemilik modal dibalik pinjol atau investasi ilegal ini.


Ia mendukung tindakan tersebut mengingat masih banyak ditemukan pinjaman online ilegal, bahkan sampai memicu korbannya melakukan bunuh diri akibat tekanan pinjaman online ilegal.


"Mudahnya masyarakat mengakses pinjaman online ilegal bukan semata karena kurangnya edukasi kepada mereka, melainkan juga lantaran lemahnya regulasi dan penegakan hukum yang menyebabkan pinjaman online ilegal masih leluasa melakukan operasinya," ujar Bamsoet dalam keterangan resminya, Sabtu (28/8/2021).


Bamsoet menyebut modus operasi pinjaman online ilegal memasang bunga yang sangat tinggi dan debt collector yang mengintimidasi korban. Terkadang mereka juga melakukan pencurian data dari ponsel korban.


"Kejahatan digital seperti pinjaman online ilegal ini jangan dipandang kejahatan lokal semata. Ini sudah menjadi kejahatan transinternasional yang melibatkan sutradara dan penyandang dana dari berbagai negara. Termasuk mengganggu sistem security cyber di Indonesia, kejahatan perlindungan konsumen, dan kejahatan kerahasiaan data," jelasnya.


Berdasarkan laporan Himpunan Advokat Muda (HAMI), dalam sehari terdapat ratusan laporan masyarakat yang terjerat pinjaman online ilegal. Ia pun meminta Polri untuk bergerak cepat dapat menangani kasus pinjaman online tersebut.


"Jika perlu DPR RI bersama pemerintah membuat rancangan undang-undang baru yang mengatur tentang pinjaman online, tidak cukup hanya ditangani di tingkat Satgas," tandasnya.


( Gambar : RRI / Penulis : Fitri )



Tags : pinjaman online pemerintah, pinjaman online langsung cair ktp, daftar pinjaman online, pinjaman online terbaik


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment