Mobile Menu

navigasi

More News

Jokowi : APBN Sebagai Motor Pengungkit Pemulihan Ekonomi

1:25 AM



Peluang.co.idPresiden RI Joko Widodo menekankan bahwa peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) snagat penting seperti motor pengungkit pemulihan ekonomi.


Hal ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2021-2022, Senin (16/08/2021).


“APBN tahun 2022 harus antisipatif, harus responsif, dan fleksibel merespons ketidakpastian, namun tetap mencerminkan optimisme dan kehati-hatian. APBN berperan sentral untuk melindungi keselamatan masyarakat dan sekaligus sebagai motor pengungkit pemulihan ekonomi,” ujar Jokowi dikutip dari Sekretariat Kabinet.


Sejak awal pandemi, APBN telah digunakan sebagai perangkat countercyclical, mengendalikan penyebaran COVID-19, hingga mendorong kelangsungan dunia usaha.


“Strategi ini membuahkan hasil. Mesin pertumbuhan yang tertahan di awal pandemi sudah mulai bergerak. Di kuartal kedua 2021, kita mampu tumbuh 7,07 persen (YoY) dan tingkat inflasi yang terkendali di angka 1,52 persen (YoY),” jelasnya.


Adapun Undang-Undang Cipta Kerja, Lembaga Pengelola Investasi, dan Sistem Online Single Submission Berbasis Risiko adalah lompatan kemajuan yang berdampak daya saing investasi, peningkatan ekspor, serta pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.


“Dengan berpijak pada strategi tersebut, pemerintah mengusung tema kebijakan fiskal tahun 2022, yaitu “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”. Pemulihan sosial-ekonomi akan terus dimantapkan sebagai penguatan fondasi untuk mendukung pelaksanaan reformasi struktural secara lebih optimal,” tuturnya.


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : jokowi hari ini, berita dunia tentang jokowi, berita jokowi terbaru, jokowi hari ini 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment