Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ini Tanggapan Anggota DPR Tentang Eks Koruptor Diangkat Jadi Komisaris BUMN

Peluang.co.id -  Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron meminta kepada Menteri BUMN Erick Thohir dalam menunjuk komisaris di perusahaan p...



Peluang.co.idAnggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron meminta kepada Menteri BUMN Erick Thohir dalam menunjuk komisaris di perusahaan pelat merah maupun anak usahanya harus orang yang mumpuni atau berkompeten. 


“Dengan jargon BUMN Akhlak (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) harusnya jargon ini dikedepankan, dan dilaksanakan secara konsisten, profesionalitas dan sesuai moral,” ujar Herman dikutip dari Parlementaria, Jumat (6/8/2021).


Dalam kasus diangkatnya mantan terpidana korupsi Izedrik Emir Moeis menjadi komisaris di anak perusahaan BUMN, ia menduga ada praktik pengelolaan perusahaan yang lebih mengedepankan cara pandang politis, sehingga pada akhirnya menimbulkan kegaduhan di masyarakat.


“(BUMN) Masih beroperasi saja sudah bagus, itu pun ditopang karena adanya subsidi pupuk. Oleh karenanya jangan dibebani lagi dengan tambahan komisaris, apalagi kontroversial. Jika dikelola secara profesional, tidak akan menimbulkan kegaduhan, ini kan dikelola secara politis," terangnya.


Disisi lain Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menilai bahwa yang jadi persoalan kasus tersebut adalah aspek kepantasan dan etika. Namun, dari aspek kualifikasi, kemampuan itu mutlak dari kewenangan pemegang saham dalam hal ini harus dikembalikan kepada Kementerian BUMN.


"Secara aturan tidak ada yang dilanggar sepanjang haknya untuk menduduki jabatan tidak dicabut oleh pengadilan. Ataupun tidak melanggar UU. Tinggal bagaimana pihak Kementerian BUMN menjelaskan kepada publik bahwa Emir Moeis memenuhi syarat-syarat dan memenuhi kualifikasi," sarannya.


Seperti diketahui, Izedrik Emir Moeis merupakan napi koruptor yang menerima suap terkait proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Tarahan, Lampung. Sebagaimana yang termuat dalam situs PT Pupuk Iskandar Muda, Emir Moeis diangkat sebagai komisaris. 


( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : komisaris bumn terbaru, daftar nama komisaris bumn 2020, komisaris bumn artinya, komisaris bumn muradi


Reponsive Ads