Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ini Strategi Sri Mulyani Agar Lepas dari Kelas Menengah

Peluang.co.id -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan ada sejumlah strategi yang telah disusun agar Indonesia dapat lepas da...



Peluang.co.idMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan ada sejumlah strategi yang telah disusun agar Indonesia dapat lepas dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap). 


Strategi pertama yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti melakukan perbaikan kualitas dari aspek pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial.


"Kalau kita bicara SDM semua sepakat itu penting, namun yang paling penting tidak banyak negara yang bisa menyelesaikan tantangan SDM ini meskipun mereka recognize (menyadari) SDM penting," jelasnya dalam Webinar Publik 'CSIS dan Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia 2045', Rabu (4/8).


Kedua, pembangunan infrastruktur yang berkualitas. Pemerintah dapat bekerja sama dengan pihak swasta dalam menggenjot pembangunan infrastruktur di Indonesia lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).


"Resource-nya bisa kami undang dari pihak swasta karena tidak mungkin negara manapun di dunia yang membangun infrastruktur hanya menggunakan resource dari negara atau APBN," tuturnya.


Ketiga, pemerintah harus memiliki institusi dan birokrasi yang efisien. Maka pemerintah menerbitkan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Keempat, adanya transformasi ekonomi menjadi ekonomi yang berbasis digital. 


"Ease of Doing Business kami akan terus perbaiki termasuk berbagai hal yang utamanya pelayanan publik," imbuhnya.


( Gambar : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )



Tags : jumlah kelas menengah indonesia 2021, gaya hidup kelas menengah, pekerjaan kelas menengah, pendapatan kelas menengah indonesia 2021


Reponsive Ads