Mobile Menu

navigasi

More News

Ekspor UMKM RI Masih Kalah dari Thailand Hingga Jepang

10:00 PM



Peluang.co.idMenteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki mengungkapkan besaran ekspor UMKM Indonesia masih kalah dari beberapa negara di ASEAN.


Teten Masduki menyebut besaran ekspor produk UMKM Indonesia masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Thailand, China dan Jepang Besaran ekspor UMKM RI hanya 14 persen.


"Kontribusi ekspor dari UMKM masih relatif rendah yaitu 14 persen. Sebagian contoh di Thailand pada ekspor 29 persen, Jepang 54 persen, dan Tiongkok 70 persen," ungkap Teten dalam acara Festival Ide Bisnis detikcom, dilansir Senin (2/8).


Selain itu rasio UMKM di Indonesia juga belum memenuhi syarat negara maju. Ia mengatakan rasio kewirausahaan RI baru sebesar 3,47 persen, sedangkan syarat negara maju sebesar 4 persen.


Menurutnya, dengan rendahnya besaran ekspor dan rasio UMKM ini menjadi catatan penting untuknya agar dapat mendorong beberapa pihak untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan UMKM RI.


"Dibutuhkannya gerakan seluruh stakeholder untuk menciptakan masa depan UMKM Indonesia berbasis kreativitas dan teknologi," tuturnya.


( Gambar : indonesia.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : umkm bri, cara daftar umkm, umkm 2021, umkm kepanjangan dari


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment