Mobile Menu

navigasi

More News

Ekonomi Tumbuh 7%, Menkeu : Strategi Pertumbuhan Ekonomi Sudah Benar

11:45 PM



Peluang.co.idMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2021 berhasil tumbuh positif sebesar 7,07 persen. Hal ini menggambarkan arah dan strategi pemulihan ekonomi sudah benar.


“Triwulan kedua menggambarkan arah pemulihan ekonomi sudah benar, strategi pemulihan ekonomi juga sudah benar, dan sudah mulai menghasilkan dampak atau hasilnya,” kata Menkeu dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat (6/8/2021).


Pemulihan ekonomi ini dapat dilihat dari berbagai aspek yang sekarang sudah mulai pulih kembali. Sektor manufaktur yang merupakan kontributor hampir 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) juga tumbuh 6,6 persen. 


Kinerja ekspor sejak kuartal satu sudah mulai masuk zona positif 7 persen dan kuartal kedua makin meningkat di 31,8 persen. Begitu juga dengan impor yang tumbuh 5,5 persen pada kuartal satu dan menguat di kuartal kedua di 31,2 persen.


“Ini semuanya menggambarkan bahwa sekarang seluruh sektor sebetulnya sudah mulai menggeliat dan berfungsi dan sebagian adalah karena policy-policy dari pemerintah yang terus mencoba untuk melakukan intervensi, baik sisi demand dan supply-nya," terangnya.


Momentum pemulihan ekonomi ini juga didukung kebijakan pemerintah, seperti PPnBM untuk sektor otomotif yang berhasil menunjang pertumbuhan konsumsi dan juga sektor manufaktur.


Ia menegaskan APBN juga terus bekerja keras untuk mengendalikan pandemi COVID-19 dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional sehingga pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga dapat berada di sekitar 4 hingga 5,7 persen.


( Gambar : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi indonesia saat iniekonomi indonesia saat ini 2021pertumbuhan ekonomi indonesia 2020ekonomi indonesia 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment